asian-games

Asian Games 2018 : Ajarkan Anak Tentang Persahabatan Dan Kerja Keras

 

 

anak-paud
Mengajarkan persahabatan kepada anak-anak
asian-games
asian games 2018

 

Bangga dengan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah di acara Asean Games 2018, rencananya akan diselenggarakan di Indonesia mulai tanggal 18 Agustus 2018 di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang.
Ini merupakan kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Sebelumnya Asian Games IV yang diadakan di Jakarta tahun 1962.

Wajar bila masyarakat Indonesia bangga karena Indonesia akan kedatangan tamu dari seluruh negara-negara di Asia. Anak Indonesia yang penuh talenta akan dilihat oleh negara-negara lain, sehingga ini akan menumbuhkan optimisme baru terhadap anak Indonesia.

Anak-anak Indonesia yang berbakat di bidang olahraga akan bersaing diperhelatan olahraga terbesar di Asia. Mereka tidak mencapai prestasi itu dengan instan, tetapi melalui perjuangan yang panjang dan latihan yang tidak kenal lelah.

Entah kenapa sejak dulu aku menyukai dunia anak-anak. Menurutku dunia anak-anak adalah dunia yang bebas dan gembira. Walaupun kuliah bukan di Jurusan pendidikan Guru TK tetapi rasa cintaku di dunia anak tidak bisa dipungkiri. Pengalaman mengajar PAUD, les mengaji, dan privat anak-anak itu sebagai bukti bahwa aku mencintai anak-anak.

happy-universal-childrens
cintai anak-anak
anak percaya diri

Dalam menghadapi anak, kesabaran menjadi hal yang perlu dimiliki. Kita harus memperlakukan dan mendidik anak dengan kasih sayang dan kesabaran.

Sudah saatnya anak menjadi fokus utama dalam setiap program atau usaha untuk membangun bangsa. Khususnya Bangsa Indonesia. Mengapa? Karena anak-anak adalah generasi yang akan mewarisi kekayaan yang dimiliki Indonesia. Anak-anak adalah harapan bangsa yang akan membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik.

Sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak sudah sepatutnya diberikan pendidikan yang baik dan berkualitas. Karena bidang pendidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan bangsa Indonesia untuk melangkah maju dan meningkatkan daya saing dengan negara-negara lain.

Sebagai bangsa yang kaya nilai, tradisi, dan budaya, kita punya banyak kesempatan untuk mewariskan nilai-nilai itu kepada anak-anak, dengan cara menanamkan nilai-nilai persahabatan dan kerja keras sejak dini.

Kesempatan yang paling besar adalah mengenalkan Asian Games kepada anak. Dengan adanya Asian Games, tumbuhkan pada anak jiwa kompetisi yang dapat menumbuhkan rasa persahabatan dengan negara-negara lain, persatuan dan kesatuan.

Setiap kompetisi membutuhkan perjuangan, kerja keras, dan ikhlas. Tidak ada seseorang yang menjadi juara tanpa melalui perjuangan dan kerja keras.

Ada beberapa cara yang aku pakai dalam membangun persahabatan dan komunikasi pada anak, agar mereka mau bekerja keras. Antara lain:

  1. Keteladanan. Kita bisa mengajarkan silaturrahim sebagai bukti kasih sayang terhadap sesama (keluarga atau orang lain).
  2. Penjelasan. Kita bisa bercerita bagaimana dulu kita dididik untuk saling berbagi, memperjuangkan keinginan, dan seterusnya.
  3. Menjadikannya kebiasaan yang baik. Adanya kerja keras untuk melakukannya, sama sekali tidak cukup mewariskan nilai dengan sekali aksi. Idealnya, supaya nilai-nilai itu benar-benar menancap, harus dilakukan berkala dan terus menerus sehingga menjadi kebiasaan.
persahabatan anak
Mengajarkan Kerja Keras pada anak
kerja keras pada anak
kerja keras anak

Maka, jadikanlah Asian Games 2018 sebagai momen untuk kita mengajarkan kepada anak tentang persahabatan dan kerja keras. Lewat bagaimana negara-negara Asia menjalin persahabatan dengan baik dan para atlet yang bekerja keras dalam berlatih sehingga bisa mencapai apa yang diinginkan.

Inilah Sepucuk surat dariku untuk Membela Indonesia di Tahun 2018. Aku berharap anak-anak Indonesia bisa mendapatkan pendidikan dan kasih sayang. Serta memahami arti persahabatan dan kerja keras.*

 

*artikel ini ditulis dalam rangka mengikuti blog contest #energiasia #dukungbersama #belaindonesia

2 Comments

Leave a Comment