lampung-krakatau-festival-2019

Menengok Ragam Budaya dan Pariwisata Lampung di Lampung Krakatau Festival 2019

lampung-krakatau-festival-2019
instagram @tapisblogger

Lampung Krakatau Festival 2019 – Assalamu’alaikum….. Teman Cerita Novri, di postingan kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku menjelajah beberapa destinasi wisata yang ada di Lampung. Melihat kemeriahan Lampung Krakatau Festival 2019 yang digelar pada 18-25 Agustus kemarin, aku jadi ingat perjalananku ketika ke Tanggamus dan Pesisir Barat.

Lampung Krakatau Festival 2019 menyuguhkan acara yang begitu padat dan bermakna. Ada pengenalan budaya, festival kuliner, hiburan, permainan anak-anak, hingga trip ke Krakatau. Sayangnya, aku gak jadi ikut nge-trip ke Gunung Anak Krakatau (GAK) karena ada beberapa kewajiban yang harus dijalankan.

Krakatau memang menjadi salah satu daya tarik Lampung. Banyak saudara kita di luar daerah bahkan luar negeri yang ingin melihat langsung GAK. Dengan sejarah panjang yang sempat menggemparkan dunia, wajar saja kalau GAK sekarang menjadi destinasi wisata di Lampung.

Rangkaian Acara di Lampung Krakatau Festival 2019

(LKF) 2019 digelar meriah oleh Pemprov Lampung. Bertempat di Lapangan Saburai, LKF 2019 banyak menyorot perhatian, baik masyarakat Lampung maupun luar Lampung. Terbukti ketika banyak blogger-blogger dari luar Lampung yang ikut meliput dan meramaikan gelaran ini.

LKF 2019 dimulai pada tanggal 18 Agustus 2019 dan berakhir pada 25 Agustus 2019. Acaranya antara lain, festival kuliner Nusa Rasa, hiburan Mahakarya Indonesia yang menghadirkan Kikan Namara, Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai, Krakatau Expo, Parade Permainan Tradisional Anak, Trip Krakatau pada 24 Agustus, dan Lampung Culture dan Tapis Carnival pada 25 Agustus 2019.

lampung-krakatau-festival-2019
foto by @puspafajar

Ternyata Lampung Krakatau Festival masuk dalam 100 Calendar of Event dari Kementrian Pariwisata RI, lhooo. Jadi, LKF menjadi salah satu festival budaya yang cukup diperhitungkan. Pengenalan dan pelestarian budaya memang sangat perlu dilakukan. Tidak hanya budaya, pariwisata Lampung juga perlu diperhatikan. Setuju gak, Teman??

Jalan-Jalan ke Tanggamus dan Pesisir Barat Lampung

Nah, berkaitan dengan LKF 2019 ini, aku juga mau cerita tentang keseruanku ketika mengunjungi Tanggamus dan Pesisir Barat.

Saat itu aku berkesempatan ikut ke Festival Teluk Semaka 2018. Sekitar dua hari aku ada di sana untuk mengikuti rangkaian acara yang luar biasa. Menjelajahi tempat wisata yang ada di Tanggamus, seperti pantainya, kebun jambu Kristal, air terjun, dan masih banyak lagi.

Jujur ya, itu adalah kali pertama aku ke Tanggamus hehe. Dan aku sangat senang bisa ikut acara tersebut.

Kegiatan ini dipusatkan di Air Terjun Way Lalaan, Kota Agung. Air Terjun Way Lalaan adalah salah satu destinasi wisata favorit warga Lampung. Airnya sangat jernih dan pemandangannya masih sangat alami. Aku berharap bisa ke sana lagi dalam waktu dekat, aamiiin.

Selain tempat wisata yang ada di Tanggamus, aku merasakan keseruan acara tersebut ketika bertemu dengan orang-orang yang sangat ramah. Meskipun dari latar belakang yang berbeda, tetapi mereka tetap menghargai satu sama lain. Acara tersebut dihadiri oleh para blogger, fotografer, orang dinas, dan tentu saja masyarakat asli sana.

Selain Tanggamus, tempat wisata yang mengesankan buatku adalah jajaran pantai di Pesisir Barat. Pesisir Barat memang memiliki pantai-pantai yang indah dengan ombak besar. Pantai di Pesisir Barat menjadi salah satu favorit turis untuk surfing.

Selama berada di sana, aku sempat mengunjungi beberapa pantainya antara lain Labuhan Jukung, Pugung Tampak, dan tentu saja Pulau Pisang yang sudah terkenal indahnya.

Pengalaman tak terlupakan adalah ketika mengunjungi Pulau Pisang dan berkesempatan berfoto dengan Iwa Tuhuk atau Ikan Blue Marlin big size.

Lampung itu sangat indah. Menjelajahi beberapa tempat di Lampung membuat aku semakin ingin menjaga keindahannya. Dan keindahan Lampung ini harus kita sebarluaskan agar destinasi wisata Lampung semakin dikenal dan semakin banyak orang yang mau datang ke Lampung. Ayo ke Lampung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *